Anime dan Manga Sepakbola Menarik Selain Captain Tsubasa

 

Hetalia soccer theme
Siapa yang tak mengenal serial manga/anime ‘Captain Tsubasa’? Serial karangan Yoichi Takahashi ini bisa dikatakan sebagai serial bertemakan sepakbola paling terkenal, tak hanya di negara asalnya Jepang tapi juga diseluruh dunia. Bahkan tak sedikit dari pemain profesional dunia yang mengaku mulai menyukai olahraga tersebut setelah membaca manga/menonton anime Captain Tsubasa.
Namun dengan candaan semisal “mau nendang aja butuh sekitar lima episode buat flashback, itupun kadang ga jadi ditendang” dan semacamnya membuat beberapa penikmat manga/anime (yang biasanya lebih menyenangi cerita yang lebih ‘realistis’) sedikit ‘menganak-tirikan’ seri ini. Tapi yah kembali ke selera masing-masing sih.
Berhubung sekarang juga sedang masanya Piala Dunia, maka kami dari Mutsurini Team mencoba memberikan list manga maupun anime bertemakan sepakbola yang tak kalah bagus dari serial Captain Tsubasa.
— Area no Kishi —
Kakeru Aizawa adalah adik dari pemain jenius Suguru Aizawa, sang kakak bahkan sudah diberikan kesempatan untuk mewakili Jepang di level junior ketika ia masih berstatus murid SMP. Meskipun semenjak kecil mereka selalu bermain bersama, namun karena sebuah kecelakaan membuat Kakeru berhenti bermain bola.
Suguru yang merasa potensi sang adik sebagai pemain bola akan terbuang sia-sia apabila ia tak bermain lagi membuatnya bersikap keras terhadap Kakeru. Namun sayang demi menyelamatkan Kakeru yang hampir tertabrak mobil membuat Suguru harus kehilangan nyawanya.
Nyawa Suguru tidak bisa diselamatkan, sedangkan Kakeru berhasil selamat karena ia mendapatkan donor jantung dari sang kakak. Kejadian tersebut juga yang membuat Kakeru berusaha mewujudkan mimpi Suguru yang ingin melihat Kakeru menjadi pemain depan yang menakutkan.
— Fantasista —
Fantasista bercerita tentang kehidupan Teppei Sakamoto, anak dari desa yang sangat mencintai sepakbola. Karena kakaknya yang bekerja sebagai guru SMA Mizumoto juga merangkap sebagai pelatih klub sepakbola SMA Mizumoto, ia pun mengundang Teppei yang memang memiliki kemampuan diatas rata-rata untuk menjadi murid SMA.

Sedikit mirip dengan serial Captain Tsubasa dimana cerita berputar disekitar Teppei mulai dari masa masih menjadi pemain klub sepakbola SMA Mizumoto, masuk seleksi untuk menjadi pemain timnas Jepang hingga akhirnya berkesempatan berkarir bersama klub elit Italia ; AC Milan dan menjadi salah satu pilar timnas senior Jepang.

Sisi menarik dari manga ini adalah seluruh trik dan tips di dalamnya bisa diterapkan dalam dunia nyata (dan tentunya dengan latihan yang berkelanjutan). Belum lagi penggambaran pertandingan yang ‘realistis’ dan jauh dari pengaruh kekuatan super.

— Giant Killing —
Bila kebanyakan manga/anime sepakbola mengambil cerita dari sisi pemain, maka serial karya Masaya Tsunamoto ini mengambil sudut pandang manajer sebuah tim sepakbola. Takeshi Tatsumi adalah mantan pemain bintang dari ETU (East Tokyo United) yang hanya sebentar merasakan nikmatnya menjadi pemain karena ia harus pensiun dini dari sepakbola karena masalah cidera.
Selepas pensiun ia bertualangan ke berbagai negara untuk mempelajari teknik menjadi manajer sepakbola dan bisa dikatakan sukses ketika berlaga di Liga Inggris. Namun karena panggilan darurat dari mantan klubnya, ETU yang mengalami krisis dan terancam degradasi membuat sang mantan pemain kembali ke ETU sebagai seorang manajer.
Another manga/anime yang realistis. ETU yang memang bukan tim kuat digambarkan selalu kesulitan memperoleh kemenangan –bahkan lebih banyak diwarnai kekalahan– namun selalu mampu membuat tim-tim raksasa kesulitan menghadapi taktik jenius Tatsumi. Secara garis besar manga/anime ini menarik karena tidak memiliki saingan (jarang ada manga/anime yang mengangkat nama manajer).







Bantu Kami Share Dengan Menggunakan tombol² ini :